DISKUSI BERSAMA KAPTEN BUKU


Diskusi di ruang Mata Baca ini diawali dengan Kapten Buku : Yoga, membaca sebuah hadits dalam suatu buku. Hadits itu berbunyi :

"Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid dan yang paling dibenci Allah adalah pasar" (HR Muslim)

Yoga pun bertanya pada Pak Reswit, bagaimana maksud dari hadits tersebut?

Bapak kemudian sedikit membahas tentang hadits tersebut. Lalu bapak menawarkan untuk menghubungi saudaranya yang ustadz dan biasa memberi ceramah. Ditelponlah saudara tersebut, dan berjanji akan datang beberapa waktu ke depan.

Tak berapa lama, saudara yang dimaksud pun datang beserta istrinya. Yoga pun mengajukan pertanyaan dan berdiskusi tentang hadits tersebut. Saudara kami dan istrinya pun memberikan informasi yang Yoga butuhkan. Kami semua terlibat dalam pembicaraan ini. Diskusi Mata Baca pun menjadi semakin seru.




Setelah cukup berdiskusi, saudara kami pun berpamitan. Bapak Reswit pun melanjutkan sesi diskusi ini dengan mencarikan berbagai tambahan sumber dari internet. Yoga membaca artikel-artikel tersebut, dan kami pun terlibat diskusi seru lagi hingga kami semua merasa butuh untuk menghentikan perbincangan ini, karena aktivitas lain sudah menunggu.

Diskusi Mata Baca ini selain berisi sharing ide, menambah ilmu, juga banyak melatih hal-hal lain. Ada komunikasi produktif yang terus berjalan. Salah satunya adalah komunikasi ketika Yoga memunculkan pertanyaan dan mengungkapkan rasa ingin tahunya, sehingga kami bisa membantunya memfasilitasi peningkatan kecerdasannya.




Apresiasi istimewa kami persembahkan untuk Yoga, atas kemandirian belajarnya; membaca buku tanpa diminta, mengungkapkan pertanyaan ketika dia butuhkan, dan punya motivasi untuk mau mendengarkan informasi serta sharing yang kami lakukan.

Apresiasi untuk Bapak Reswit, yang telah sepenuh hati menemani dan memfasilitasi Yoga untuk melakukan diskusi Mata Baca.
Apresiasi untuk Putri, dengan setia mengikuti proses diskusi Mata Baca dengan keasyikannya menggambar dan bercerita.

Apresiasi untuk Ibu Diyah yang ikut terlibat dalam proses diskusi dan terus mendokumentasikannya.

Sampai di sini dulu cerita proyek Mata Baca keluarga kami, besok kita bertemu lagi yaa



#TantanganHari6
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunSayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas