4E

“Success is not the key to happiness. Happiness is the key to success. If you love what you are doing, you will be successful”  - Albert Schweitzer

“Sukses bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci keberhasilan. Jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses”  -Albert Schwitzer

Jadi… Gali dan temukan “4E – Enjoy Easy Excellent and Earn “ activities nya masing-masing. (Sebuah pesan singkat dari Abah Rama Royani, penemu Talents Mapping di grup Santri Talents Mapping)

Sedikit akan dikutipkan dari Buku Panduan Talents Mapping tentang 4E yang terdapat dalam pesan di atas. Enjoy, kegiatan yang disukai. Easy, mudah menguasainya. Excellent, hasilnya bagus. Earn, bermanfaat atau menghasilkan.

Ketika kita mampu menikmati aktivitas yang kita lakukan, mudah melakukannya dan hasilnya bagus, kita sudah sampai tahap Excellent. Selanjutnya untuk sampai tahap Earn, bermanfaat dan menghasilkan, menurut diskusi kelompok Santri Talents Mapping adalah aktivitas yang telah dilakukan itu dinilai oleh pihak lain sebagai karya yang akan dihargai serta dinilai sepantasnya. Apresiasinya bisa dalam bentuk finansial bisa juga dalam bentuk branding, networking, ataupun passive amaliyah.


Jadi, untuk bisa meraih kesuksesan dalam beraktivitas, 4E ini bisa menjadi tolok ukur. Ketika kita sudah mampu mencapai titik Earn, bisa dipahami bahwa aktivitas yang kita lakukan sampai di level sukses. Sukses yang berarti bermanfaat untuk orang lain. Semakin banyak orang merasakan efek positif dari aktivitas kita, semakin bermanfaatlah aktivitas tersebut.  






#ODOPfor99days
#day11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas