Berkunjung ke TMII

Berkesempatan  mengelilingi Taman Mini Indonesia Indah. Kali ini menuju Museum Dunia Serangga dan Dunia Air Tawar. Dua tempat ini satu area dengan satu tiket. Gedung Museum Dunia Serangga bersebelahan dengan gedung Dunia Air Tawar.

Rute dimulai dengan masuk ke gedung Dunia Air Tawar. Pengunjung akan disambut oleh berbagai macam ikan aneka rupa. Ada ikan yang masih kecil atau memang bentuknya kecil, ada pula ikan yang sudah cukup besar bahkan tua. Ikan-ikan ini ada yang hidup di dalam akuarium, ada juga yang dibuatkan kolam berukuran sedang di dalam gedung. Berkeliling di dalam gedung ini cukup memberikan informasi tentang jenis ikan yang beraneka macam.

Beberapa koleksi istimewa yang berasal dari dunia air tawar asli Indonesia antara lain Arwana / Siluk, hiu gergaji, tapah, ikan sumpit, ikan buntal yang dapat menggelembung seperti balon, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga koleksi jenis ikan tamu yang mempesona antara lain arapaima, piranha dari sungai Amazon di Amerika Selatan, ikan buta, ikan kupu-kupu, ikan chinese high fin dari sungai Yangtze-Cina, serta kelompok ikan kecil guppy, molly, dan platy. Pengunjung akan dibuat takjub setelah melihat beragam ikan yang cukup banyak jenis dan jumlahnya ini.

Keluar dari gedung Dunia Air Tawar, berlanjut masuk ke gedung Museum Dunia Serangga. Di sini pengunjung akan disambut dengan berbagai macam jenis serangga yang sudah mati. Jenis serangga ini pun ada yang bentuknya kecil hingga besar. Pengunjung akan memperoleh berbagai macam informasi tentang serangga ketika mengelilingi Museum Dunia Serangga. Di tempat ini terdapat banyak koleksi serangga yang cukup unik, seperti Kumbang Badak terbesar nomor dua di dunia, belalang daun yang tubuhnya sama dengan daun, kumbang gitar, belalang ranting, dan juga kupu-kupu tersimpan dalam kotak-kotak berbingkai.

Setelah puas menikmati berbagai macam jenis serangga, pengunjung pun difasilitasi tempat untuk berfoto menggunakan hiasan belalang maupun kupu-kupu. Anak-anak ataupun orang tua bisa mengabadikan momen kunjungannya di Museum Dunia Serangga ini. Letak tempat foto ini di dekat pintu keluar. Setelah foto-foto selesai, pengunjung dapat melanjutkan perjalanannya mengelilingi Taman Mini Indonesia Indah.

Sumber :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas