PETUALANGAN MEMBACA 2


Hari Minggu, 11 Juni 2017 kami bertiga terlibat dalam kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan di dekat rumah. Saya diminta untuk menjadi mentor, Yoga menjadi peserta sekaligus sebagai operator infocus dan Putri sebagai peserta. Kegiatan ini dimulai dari pagi sekitar jam 08.30 wib dan berakhir pada pukul 18.30 wib setelah jamaah sholat Maghrib.




Materi kegiatan ini mencakup tema Bersuci, Keimanan dan Bakti kepada orang tua. Saya mendapat tugas menemani satu kelompok anak dengan rentang usia antara 6 hingga 9 tahun. Rata-rata mereka sudah bisa membaca. Maka, melek literasi pun saya tumbuh kembangkan di kelompok ini.

Sepuluh anak dalam satu kelompok, bergantian membaca Fiqih Anak terkait tema Bersuci. Masing-masing anak mendapat kesempatan membaca 1 sampai dua paragraf, kemudian kita berbincang membahas inti tulisan yang dibaca. Anak-anak menikmati proses ini, bahkan hampir berebutan untuk mendapatkan kesempatan membaca buku tersebut. Ketika berbincang pun, mereka antusias saling menanggapi hingga menemukan pemahamannya.




Yoga, di kegiatan ini banyak melatih sisi mendengar dan membaca kisah. Ketika mentor di kelompoknya membuka sesi diskusi, Yoga bisa mengikuti dengan tenang tema perbincangan yang dibicarakan. Yoga pun melatih ketrampilan membaca kisah, ketika ada beberapa sesi pemutaran film sebagai pendalaman materi kegiatan ini.




Putri, banyak melatih sisi ketrampilan berbicara dengan teman-temannya. Bagaimana Putri bisa melebur dengan teman-teman barunya dan berbincang bahagia bersama mereka. Putri pun berlatih untuk tenang mendengar, ketika kakak mentor menjelaskan materi kegiatan atau pun saat ada aktivitas lainnya.




Lalu, dimana Pak Reswit?

Jadwal Pak Reswit hari ini berbeda dengan kami bertiga. Pak Reswit ada jadwal mengikuti kegiatan TM Basic for Organization. Kegiatan ini pun menjadi sarana Pak Reswit untuk mengasah ketrampilan literasi. Mulai dari, mendengar dengan tekun materi yang dibahas saat kegiatan tersebut, kemudian membaca hasil dari proses yang dilakukan dan semakin melatih kemampuan berbicara dengan berbagai macam orang. 

Meski seharian ini, kami terlihat tidak melakukan aktivitas membaca buku secara fisik atau tekstual, namun proses 'membaca' sebagai bagian dari lingkaran literasi, telah kami lakukan dengan antusias. Kami menikmatinya dengan suka cita dan kami bahagia melakukannya.

Nantikan dokumentasi literasi kami selanjutnya yaaa

#Hari4
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunSayIIP


#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas