PETUALANGAN MEMBACA 5


"Ibu, aku mau tulis BUNGA, hurufnya apa aja?", teriak Putri

"B-U-N-G-A", jawab saya

"Mau nulis lagi, BURUNG, gimana?", tanya Putri

"B-U-R-U-N-G", jawab saya lagi

Itu sepenggal cerita literasi kami. Putri selain masuk tahap belajar membaca, juga sedang menikmati belajar menulis. Episode-episode seperti di atas, sering kami lalui bersama. Putri tiba-tiba corat-coret di atas kertas lalu memanggil kami untuk meminta bantuan mengeja huruf dari kata yang ingin ditulisnya. Momen indah yang terus kami rawat supaya tetap tumbuh dengan bahagia.






••••••••••••••••••

"Ibu, ini bukunya", tiba-tiba Yoga menyodorkan sebuah buku cerita kepada saya

"Sudah dibaca hari ini ya mas?", tanya saya

"Iya", jawab Yoga

Penggalan episode ini, salah satu cara Yoga mengasah ketrampilan literasinya, terutama membaca. Membaca menjadi kebutuhan sehari-harinya. Ketika mata tertuju pada rak buku yang terbuka, tangan pun otomatis memilih buku yang dibutuhkan. Segera ambil posisi yang pas dan tak terdengar suara lagi karena Yoga sudah tenggelam dengan buku bacaannya.





••••••••••••••••••••••••

Saya pun hari ini tak mau ketinggalan. Segera ambil Qur'an terjemah dan meresapi beberapa ayat pertama surat Al Maidah.






•••••••••••••••••••••

#Hari7
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunSayIIP


#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas