Kue Cemplon

Tulisan kali ini ingin bercerita tentang asyiknya sibuk di dapur. Berhubung Si Sulung mengajukan permintaan untuk membuat satu makanan yang tidak asing dan mudah membuatnya, maka jadilah kami mencoba membuat sendiri makanan tersebut. Kami menyebutnya Cemplon. Daerah lain ada yang menyebutnya dengan Misro. Mungkin ini termasuk jajanan pasar yang biasa saja, namun bagi kami ketika anak-anak ternyata menyukai jajanan ini tanpa kami paksa, ini satu nikmat yang istimewa.

Kami pun segera menyediakan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu singkong secukupnya, garam, kelapa parut jika merasa perlu, gula merah dan minyak secukupnya untuk menggoreng.

Setelah siap semua bahan, jadilah kami membuat Cemplon bersama-sama di rumah. Ibu bagian mengupas, mencuci, memotong dan melembutkan singkong dengan di parut. Kemudian parutan singkong ditambah dengan sedikit garam supaya terasa gurih. Si Sulung bagian memotong kecil-kecil gula merah untuk isian Cemplon.

Singkong yang sudah lembut, kemudian mulai dicetak bulat dan tengahnya diisi dengan irisan gula merah. Setelah semua berbentuk bulat dan diisi dengan irisan gula merah, selanjutnya Cemplon digoreng dalam minyak dengan api sedang. Bagian menggoreng ini diselesaikan oleh Bapak dan adik. Mereka berdua saling bantu menggoreng Cemplon hingga hasilnya berwarna kuning kecoklatan.




Cemplon-cemplon yang sudah matang dari gorengan pertama, langsung kami makan selagi hangat. Terasa sangat nikmat apalagi dimakan bersama-sama dengan tambahan sedikit bumbu rebutan Si Sulung dengan adiknya. Meski jajanan yang kami buat begitu sederhana, namun kami sangat menikmati kebersamaan keluarga ini. Mudah-mudahan kebersamaan ini menjadi kenangan indah yang tertanam selalu di benak anak-anak kami.


#ODOPfor99days
#day31




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas