Simple backpack

Belajar menjahit lagi, ikut pelatihan lagi, masih bersama Rumah Belajar Menjahit IIP Jakarta. Kali ini temanya Simple Backpack, menjahit tas ransel yang sederhana. Inti membuatnya hampir sama dengan menjahit tote bag. Berbeda sedikit ketika memasang tali tasnya. Kantong tas sama dengan tote bag, bisa ditambah dengan hiasan saku baik di dalam tas maupun saku di luar. Jika sudah pernah ikut kelas menjahit tote bag, maka belajar menjahit ransel ini akan lebih mudah.

Hal menarik ketika belajar menjahit kali ini adalah fleksibelnya seorang penjahit. Kenapa? Karena, dengan kondisi tempat yang apa adanya, ternyata para peserta tetap bisa melakukan aktivitas dengan optimal.


Misalnya, ketika ternyata fasilitas meja tinggi untuk menjahit itu terbatas, maka peserta dipancing untuk bisa berkreasi dengan fasilitas yang ada. Peserta ada sepuluh orang. Meja tinggi bisa dipakai untuk empat orang peserta. Lalu enam orang peserta lainnya bagaimana?


Enam orang peserta lainnya berkreasi dengan fasilitas yang ada. Tiga orang masih bisa mendapatkan meja meski kecil dan pendek dengan posisi duduk lesehan. Satu orang dibantu sofa pendek untuk menyangga mesin jahit. Lalu dua orang lagi, belajar menjahit melantai. Jadi, belajar menjahit dengan posisi duduk dan mesin jahit sama-sama ada di atas lantai tanpa meja. Bisakah?


Disinilah mental seorang penjahit ditantang. Kondisi apapun yang ada tidak mematahkan semangat untuk belajar menjahit. Justru hal-hal yang di luar kebiasaan ini menjadi pengalaman tersendiri yang bisa menambah ilmu seorang penjahit. Tidak semata-mata ilmu menjahitnya yang dikuasai, tetapi ilmu untuk bisa tetap eksis dalam kondisi apapun, juga perlu dikuasai.

Menjahit melantai pun ternyata bisa dilakukan. Menjahit tanpa meja. Meski terasa lebih kaku, namun kondisi ini ternyata bisa dilakukan disaat-saat genting atau darurat. Seperti saat kelas Simple backpack tersebut. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak produktif hanya karena keterbatasan fasilitas. Dimana ada niat, di situ ada jalan.


#ODOPfor99days
#day28







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas