PUTRI RAPIKAN MAINAN


Kamar depan penuh dengan mainan, itu pemandangan sehari-hari. Anak-anak suka sekali menata mainannya; di atas kasur, di atas lantai atau pun di atas meja. Imajinasi seru membuat mereka tidak bosan berkreasi dengan mainannya. Ada saja ide cerita mengalir dari mainan yang ditata sedemikian rupa. 

Ketika anak-anak selesai bermain, terkadang saling tunjuk siapa yang membereskan mainan-mainan tersebut. Saya kadang gemes dengarnya. Mainnya sama-sama, giliran beres-beres saling tunjuk satu sama lain.




Nah, ketika suasana tenang, saya mencoba diskusi dengan mereka. Saya awali dengan cerita, apa akibatnya kalau mainan tidak dibereskan. Mereka pun menjawab bersahutan. Lalu saya tawarkan sebuah petualangan menarik untuk Putri, menjadi Ratu Mainan. Ratu yang punya banyak mainan, suka berkreasi dengan mainannya dan suka rapi-rapikan mainan setelah selesai. Putri pun setuju. Jadi mulai hari ini, Putri adalah Ratu Mainan. Putri sudah mulai beraktivitas dengan peran barunya, meski masih dibantu Yoga. Poin pentingnya, Putri merapikan mainan tersebut dengan suka cita.





* Putri masuk kategori usia pra sekolah
* Latihan Kemandiriannya masih menitikberatkan pada 'suka melakukan'


#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas