Berbicara dengan hati


Setelah mengikuti webinar Ibu Profesional tentang Komunikasi Produktif, ternyata ada dua hal yang kurang pas selama ini.  Saya sering melakukannya dan itu termasuk dalam kategori komunikasi yang belum produktif. Dua hal tersebut adalah pertama, sering berbicara kepada anak-anak dengan melakukan aktivitas yang lain. Kedua, ketika berbicara dengan anak-anak dua atau tiga kali tidak direspon, saya sering merespon balik dengan emosi negatif. Dua hal ini yang masih sering terjadi ketika berkomunikasi dengan anak-anak. 

Setelah belajar tentang Komunikasi Produktif, saya semakin sadar bahwa komunikasi yang saya lakukan beberapa waktu ini kurang produktif. Ketika melakukan komunikasi dengan orang lain, kita harus fokus. Menatap matanya dan terjadi kontak. Hal ini tidak akan terjadi ketika kita berkomunikasi diiringi dengan melakukan aktivitas lain. Fokus kita akan terpecah. Jika bisa kontak mata pun itu hanya sekilas terjadi.

Ketika berkomunikasi pun kita perlu menata emosi tetap pada level suara perut. Posisi tenang dan penuh energi positif. Perasaan-perasaan negatif perlu kita minimalisir keberadaannya dalam hati kita. Komunikasi yang diiringi emosi negatif, tidak akan berhasil maksimal. Jika emosi negatif yang menguasai, maka perpindahan perasaan dalam berkomunikasi tidak akan bisa optimal, karena diliputi perasaan-perasaan negatif.

Tantangan besar untuk pribadi saya, mulai berubah sedikit demi sedikit. Mulai dengan selalu melakukan kontak mata ketika berbicara dengan anak-anak, sehingga energi yang kita keluarkan untuk berkomunikasi akan efektif. Saya juga mulai harus menata dan mengendalikan perasaan dan emosi saya. Apapun respon yang dilakukan anak-anak, saya selalu dalam posisi stabil dan bersungguh-sungguh. Belajar untuk merelakan hal-hal yang bersifat negatif dan selalu menghadirkan energi positif di setiap keadaan. 





#ODOPfor99days
#day54

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Merica dan Ketumbar

Bangkit dari rasa bersalah

Manusia dicipta