Menjaga penglihatan

Penglihatan adalah anugerah indah yang diciptakan Allah SWT untuk manusia. Anugerah yang patut dijaga dan dioptimalkan fungsinya untuk kebaikan dan manfaat. Penglihatanlah yang akan menggerakkan hati menuju yang baik atau pun yang buruk. Penglihatan menjadi sarana awal munculnya niat dalam hati.

Perkembangan zaman saat ini menuntut manusia untuk bisa benar-benar menjaga penglihatannya. Informasi apapun yang masuk lewat penglihatan, bisa langsung mempengaruhi ke dalam hatinya. Oleh karena itu, perlu ada  rem pakem untuk penglihatan manusia yakni menundukkan pandangan.

Menundukkan pandangan ini, menjadi kunci untuk menjaga penglihatan. Meskipun dalam prakteknya, belum bisa dilakukan secara penuh. Berbagai macam pemandangan di depan mata sering muncul secara tiba-tiba. Baik ketika beraktivitas di luar rumah ataupun saat beraktivitas di dalam rumah.

Menundukkan pandangan ini diawali dengan berhati-hati terhadap penggunaan penglihatan. Memilah dan memilih informasi yang harus dilihat dan dicermati. Menghindari hal-hal yang kurang baik dan kurang bermanfaat. Ketika menggunakan penglihatan ini sudah terbiasa tertata dengan hal yang baik, maka hati pun akan mengikuti menata hal-hal yang baik pula. Poin pentingnya bahwa dengan terus berusaha belajar menundukkan pandangan ini, berharap mampu meminimalisir hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Sumber : 




#ODOPfor99days
#day40



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Merica dan Ketumbar

Bangkit dari rasa bersalah

Manusia dicipta