Ketika mandeg

Pernahkah merasa dalam keadaan mentok, mandeg padahal banyak aktivitas yang harus diselesaikan?
Kepala rasanya penuh dengan berbagai macam hal yang ingin diwujudkan hingga akhirnya justru tidak melakukan apa-apa.
Ya, saking bingungnya mau mulai dari mana, jadi malah tidak bergerak sama sekali. Stagnan.

Lalu, apa yang mesti dilakukan?

1. Tidur
Mengistirahatkan pikiran supaya berada dalam kondisi dingin dan tenang. Tidur yang cukup dan berkualitas mampu mendinginkan kepala sehingga tidak merasa panik dan terburu-buru lagi.

2. Mengumpulkan semangat kembali
Semangat ini dimunculkan kemabali di dalam hati dan pikiran, supaya mampu bergerak kembali. Semangat ini bisa diperoleh dengan berbagai cara; misalnya bergabung dengan komunitas yang sesuai.  Anggota dalam komunitas ini biasanya juga ada yang memiliki kasus mirip-mirip dan sesama anggota pun bisa saling mendukung satu dengan lainnya, karena yang dirasakannya tidak jauh berbeda.

3. Menjadwal kembali
Setelah cukup dengan istirahat berkualitas dan suntikan semangat penuh, maka lanjutkan dengan menjadwal kembali aktivitas-aktivtias yang harus diselesaikan. Satu per satu mulai dipetakan kembali kebutuhan dan aktivitasnya, kemudian dibuat prioritas sesuai dengan penting tidaknya kebutuhan dan aktivitas tersebut dipenuhi.

4. Segera bertindak
Selesai membuat peta, maka segeralah wujudkan peta-peta itu. Segera bertindak untuk memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan aktivitas yang harus diwujudkan. Tetap jaga semangat di level rata-rata, sehingga akan terus stabil hingga semua peta tersebut sudah terwujud.

  



#ODOPfor99days
#day64




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Merica dan Ketumbar

Bangkit dari rasa bersalah

Manusia dicipta