BERGERAK


Penghujung 2017. Punya agenda kemana saja teman-teman? Bertemu saudara atau menikmati keindahan objek wisata?

Alhamdulillah, kami Baskom Team menikmati liburan layaknya hari-hari biasa. Beraktivitas rutin harian. Bahkan, di hari-hari akhir tahun 2017, kami banyak melakukan rapat keluarga inti. Wooww kedengarannya ngeri-ngeri sedap yaa

Rapat keluarga apakah itu?

Sebenarnya isinya ngobrol panjang. Diawali dari obrolan ringan seputar aktivitas yang sudah kami lalui waktu-waktu kemarin. Lalu mencoba mengumpulkan ide yang berlintasan di kepala. Menuliskannya hingga jadi deretan huruf panjang.

Menggali ide anak-anak juga, apa yang sebenarnya mereka inginkan. Lalu apa saja hal yang mereka butuhkan. Karena kami ingin, setiap individu dalam keluarga kami, mendapatkan porsi yang optimal untuk tumbuh. Kemudian kami pun bisa tumbuh bersama sebagai satu kesatuan keluarga.

Lalu, hal apa saja yang kami putuskan untuk mewarnai petualangan 2018?

Setelah melalui proses ngobrol panjang dan putus nyambung, akhirnya kami menetapkan bahwa ada dua ranah yang akan jadi fokus Baskom Team ke depan.

1.Ranah gali ilmu diri, keluarga dan masyarakat
Ranah ini kami beri judul Matabaca - QuBA

Matabaca-QuBA (Qur’an Hadits Buku Alam) menekankan pada proses menggali ilmu, pengetahuan, wawasan, ketrampilan yang bisa bermanfaat untuk diri, keluarga dan masyarakat. Gerakan ini dimulai dari semangat untuk membaca. Membaca Qur’an, Hadits, Buku dan Alam. Membaca secara teks buku maupun realita kehidupan sekitar kita. Wilayah gerak Matabaca - QuBA saat ini, kami prioritaskan di sekitar tempat tinggal, daerah Pejaten Timur Pasar Minggu. Seperti apa gerakannya? Cek terus kumpulan tulisan di blog ini ya, karena prosesnya akan muncul secara berkala di blog ini sesuai kategorinya.

2. Ranah produktivitas
Ranah ini bernama Segeran

Apa itu Segeran?

Hal-hal yang bikin seger (segar). Nama ini kami pasang karena ranah produktivitas bisa memompa kami menjadi lebih segar, materi immateri. Di sini penekanan geraknya ada pada aktivitas dodolan (jualan). Kami berusaha membangun usaha keluarga. Salah satu semangat yang mendorong terbangunnya usaha ini adalah sebagai media anak-anak berlatih wirausaha. Mereka bisa ikut magang di usaha keluarga ini. Jika satu saat mereka mau berwirausaha sendiri dan telah siap lahir batin, proses magang ini bisa jadi sedikit bekal perjalanan mereka ke depan.

Inilah dua fokus yang akan kami jalani ke depan hasil dari proses rapat keluarga. Tentunya dilengkapi dengan proses ngobrol yang berkelanjutan setiap hari, setiap jam, setiap menit dan setiap detik perjalanan keluarga kami.

Basmalah koma,
Setelah mengucapkan bacaan Basmalah, maka mulailah bergerak optimal, fokus pada niat yang telah ditancapkan.





#CeritaIbu
#BaskomTeam



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas