NAIK BUS TINGKAT


Seharian ini, kami beraktivitas di luar rumah hingga sore. Kami ikut K3Playdate yang diselenggarakan di Perpustakaan Nasional RI. Tepatnya ada di Jl. Medan Merdeka Selatan no 11 DKI Jakarta. Perpusnas ini merupakan perpustakaan yang tertinggi di dunia.


Perpustakaan Nasional RI


Ruang Lobby

Lalu, K3Playdate ngapain aja ya?

Nah, saat kami datang, ternyata masih menunggu pintu ruang koleksi anak yang belum dibuka. Saat itu jam menunjukkan pukul 08.39 wib. Jam buka ruangan adalah 09.00 wib. Selama masa menunggu itu, kami putuskan untuk turun ke lantai 2, membuat kartu anggota Perpusnas. Pak Reswit sudah bikin duluan. Jadi, hari ini kami bertiga yang ikut antri untuk membuat kartu anggota. Yoga dan Putri bahagia sekali mengikuti proses membuat kartu ini. Awalnya, kami mengisi data pribadi secara online di banyak komputer yang telah disediakan. Yoga dan Putri berusaha mengisinya sendiri. Setelah itu, tercetaklah kartu antrian. Gunanya kartu antrian ini adalah untuk panggilan ke loket foto. Jadi, setelah isi biodata, kemudian antri untuk foto kartu anggota. Selesai foto, petugas akan sedikit menanyakan terkait isi biodata. Kemudian sedikit mengatur kartu yang akan dicetak, supaya rapi. Beberapa detik kemudian, kartu anggota pun jadi. Yoga dan Putri pun tersenyum bahagia menerimanya.


Membuat kartu anggota


Selesai membuat kartu anggota, kami pun naik lagi ke lantai 7 tempat K3Playdate berkumpul. Putri pun ikut bergabung dengan kakak pendamping dan teman-temannya. Sedangkan Yoga, mulai tertarik dengan mural cerita yang ada di sekitar ruangan. Selesai eksplorasi mural cerita lalu menyusuri rak-rak buku, memilih bacaan yang diminatinya. Putri masih asyik berkegiatan dengan  kakak pendamping dan teman-teman. Mereka bergerak (senam) bersama, kemudian mendengarkan dongeng tentang transportasi dan mendapatkan bingkisan yang berisi kit kreasi bertema transportasi. Kit kreasi ini dibawa pulang, supaya anak-anak bisa berkreasi bersama orang tua di rumah.


K3Playdate di lantai 7

Selesai aktivitas di ruangan ini, lalu kami semua pun turun bersama-sama. Bersiap-siap menikmati acara inti yaitu naik bus wisata atau bus tingkat keliling Jakarta. Ini rencana yang sudah lama kami agendakan, dan terwujud hari ini bersama K3Playdate. Alhamdulillah. Yoga dan Putri sudah merencanakan dari rumah, ingin duduk di kursi bagian atas bus. Rencana mereka berdua pun terwujud. Kursi-kursi di bagian atas bus cukup banyak, mampu menampung lebih dari 50 orang. Semua anak dan sebagian orang tua pun bisa menikmati duduk di kursi bagian atas.


Naik bus tingkat yuuk..


Bus kemudian mulai berjalan perlahan, mengikuti rute yang telah ditetapkan. Dua petugas yang ada di dalam bus, saling bergantian memberikan penjelasan tentang sejarah kota Jakarta. Setiap melewati tempat-tempat bersejarah, petugas pun memberikan informasi dengan jelas. Petugas pun dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan kami. Kami pun akhirnya jadi paham tentang sejarah kota Jakarta.


Pembangunan wisata apung Jakarta


Setelah mengelilingi rute kurang lebih satu jam, tibalah kami kembali ke titik kumpul awal yakni Perpustakaan Nasional RI. Satu per satu, kami pun turun dengan tertib. Rasa senang, bahagia dan seru terpancar dari wajah-wajah kami. Playdate ini pun ditutup dengan foto bersama di depan gedung Perpustakaan Nasional RI. Selesai berfoto, kami pun melanjutkan petualangan ke Perpusnas lagi. Masuk ke lantai 4 untuk memenuhi hak perut yang mulai keroncongan. Ada banyak menu yang tersaji di sana. Setelah makan, kami pun sholat di lantai 6. Kemudian lanjut lagi ke lantai 7 untuk membaca buku hingga jelang sore.


Foto bersama





#MatabacaAlam
#BaskomTeam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas