MUSHAF


Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 18-20 Desember 2017, Yoga ikut Pesantren Liburan yang diselenggarakan oleh Kampus Alam Ar-Rahman. Pesantren Liburan ini kegiatannya terpusat di Pondok Pesantren Ar-Rahman Qur’anic College (AQC) Sirimpak, Megamendung, Bogor. Keputusan mengikuti pesantren ini dipilih oleh Yoga, setelah mendapatkan beberapa informasi seputar kegiatan yang sama. Akhirnya, Yoga memilih untuk ikut kegiatan pesantren di AQC ini.

Apa saja kegiatannya?

Banyak hal yang dilakukan Yoga selama tiga hari dua malam. Mulai dari berangkat dan pulang bersama teman-teman naik elf ke lokasi kegiatan. Lalu dilatih untuk mandiri selama kegiatan dan masih banyak juga kegiatan seru lainnya. Tulisan kali ini, akan fokus bercerita tentang salah satu sarana yang digunakan saat kegiatan pesantren, yaitu Mushaf Talaqqi.

Cover Mushaf Talaqqi

Mushaf Talaqqi ini sebuah lembaran untuk belajar Al Qur’an. Bentuknya lembaran-lembaran yang kemudian dikumpulkan dan dijilid menjadi satu. Di dalamnya terdapat cetakan ayat Qur’an sesuai tema yang diangkat. Misalnya, temanya Surat-surat Pilihan, maka ayat yang tercetak di dalamnya berisi surat-surat pilihan dalam Al Qur’an. Cetakan ayat dalam lembaran tersebut dibuat tipis, tidak tebal. Nah, tugas kita dan anak-anak adalah menebalkan ayat-ayat yang ada dalam Mushaf Talaqqi ini. Anak-anak diajak untuk belajar membaca, menulis juga mendengarkan. Subhanallaah.


Cetakan tipis di Mushaf


Yoga menebalkan ayat 


Mushaf Talaqqi ini menarik minat kami. Lalu kami pun mencari informasi seputar mushaf tersebut. Kami pun mendapatkan informasi lanjutan, ternyata ada juga sarana belajar Al Qur’an selain Mushaf Talaqqi Surat-surat Pilihan yang digunakan anak-anak di Pesantren Liburan. Ada MushafQu Cara Mudah dan Praktis Menulis Al Qur’an. Ada yang berisi khusus Juz ‘Amma dan ada yang lengkap 30 juz. MushafQu ini berisi tulisan ayat per ayat tipis, bisa ditebalkan oleh pembaca sebagai sarana menulis. Kemudian dilengkapi dengan terjemahan tiap ayat, sehingga kita pun bisa langsung memahami arti ayat per ayat dari MushafQu ini. Alhamdulillah, bertemu Mushaf ini membuat proses belajar Al Qur’an kami semakin bermakna. Saat ini, kami sedang mempelajari Mushaf Talaqqi dan MushafQu Juz ‘Amma. Ke depan, insya Allah kami akan mempelajari juga MushafQu edisi 30 juz.


Cover MushafQu


Isi MushafQu


Tunggu cerita seru kami selanjutnya yaa


#MatabacaQur’anHadits
#BaskomTeam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas