TELADAN ABDURRAHMAN BIN AUF


Yoga mulai tertarik dengan kisah Nabi dan para sahabat. Kali ini, Yoga mendapatkan kisah tentang Abdurrahman bin Auf. Bagaimana kisahnya? Yuuk kita lanjut baca…

Abdurrahman bin Auf

Nama lengkapnya Abdurrahman bin Auf bin Abdul Harits bin Zuhrah bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luayyi Al-Quraisy Az Zuhri. Beliau tumbuh sebagai anak yang memiliki sifat toleransi tinggi pasa sesamanya. Mampu menjaga diri dari hal-hal buruk dari sukunya. Abdurrahman bin Auf dikenal sebagai pribadi yang ringan tangan dalam membantu orang lain. Selain itu, ia dikenal juga sebagai orang yang mudah meneteskan air mata.

Satu waktu ketika di Madinah, Nabi SAW mempersaudarakan dari masing-masing kaum Muhajirin dengan kaum Anshar. Ketika itu Abdurrahman dipersaudarakan dengan Sa’ad bin Rabi’ Al Anshari. Merasa sebagai saudara, Sa’ad pun menawarkan kepada Abdurrahman sebagian tanah dan bahan makanan yang dimilikinya. Namun apa yang terjadi? Abdurrahman bin Auf lantas berkata kepada saudaranya tersebut :

“ Sampaikanlah (antarkanlah) saya ke pasar untuk (agar supaya) bisa berjual beli atau berdagang”.

Setelah ia ditunjuki pasar di Madinah waktu itu, ia pun kemudian mulai berjualan dengan penuh kejujuran dan sikap terpercaya. Saat berdagang, ia selalu memisahkan antara barang yang baik dan yang tidak baik. Kemudian menjualnya dengan harga yang berbeda sehingga orang-orang merasa puas berbelanja dan berbisnis dengannya.

Inilah sedikit kisah tentang Abdurrahman bin Auf. Beliau adalah seorang yang kaya pada masanya. Kekayaannya itu membuat beliau khawatir, jika akan menghancurkannya. Ibu Abdurrahman pun menganjurkannya untuk banyak bersedekah. Tak terhitung berapa banyak harta yang telah didermakannya. Mulai dari yang jumlahnya biasa hingga dalam jumlah besar.

Paspin


#Hari4
#Tantangan10Hari
#GameLevel10
#KuliahBunSayIIP
#GrabYourImagination


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas