JATAH UANG


Seharian ini kami ada di luar rumah. Ada agenda beres-beres tempat bazar yang sudah berjalan selama kurang lebih satu bulan. Ikut bazar ini adalah salah satu proyek dagang keluarga kami. Salah satu cara kami belajar tentang usaha offline, menambah jaringan dengan silaturrahim, belanja ilmu dan ide dari bermacam orang dan pemikiran, belajar percaya pada asisten dan banyak lagi hal yang kami nikmati dari proses ini.

Nah, berhubung di area bazar ini banyak stand makanan yang menarik perhatian, maka sebelum berangkat, kami pun ngobrol dulu dengan Yoga dan Putri. Kami memberi jatah uang masing-masing adalah sepuluh ribu rupiah. Anak-anak tidak mau pegang uang sendiri, dan menitipkannya pada saya.

Sampai di tempat bazar pas jam makan siang. Kami pun segera pesan makanan karena perut sudah keroncongan. Saat menunggu paket nasi tersaji, Putri sudah tergoda dengan pajangan es blender. Mereka berdua pun pesan es tersebut.

Lalu makanan tersaji dan kami menikmatinya. Setelah itu, kami berkeliling ke stand tetangga untuk ngobrol dan berbagi ide. Setelah menyambangi beberapa stand, kami pun beres-beres stand persiapan untuk tutup. Setelah itu kami keliling lagi ke stand tetangga. Yoga melihat stand panahan dan tergoda untuk mencobanya. Langsung minta ijin ke penjaga stand dan mulailah berlatih.

Putri berbinar-binar saat melihat kereta mini berputar di sekitar area bazar. Putri pun minta ijin untuk naik kereta tersebut. Putri menikmati sekali naik mereta mini berputar-putar. Apalagi ada teman kecil juga yang ikut naik.

Selesai main panahan dan naik kereta mini, mereka meminta ijin melanjutkan bermain balon. Oww oww masih lanjut saja ini… Seru sekali mereka main di istana balon. Apalagi sudah lama sekali mereka tidak menikmati permainan tersebut.

Nah, malamnya kami pun berbincang tentang kegiatan di area bazar ini. Dari jatah uang yang diberikan sepuluh ribu untuk masing-masing, eh ternyata membengkak. Yoga membeli es blender sepuluh ribu. Panahan sepuluh ribu. Istana balon sepuluh ribu. Yoga menghitung bahwa dirinya menghabiskan uang sebesar tiga puluh ribu. Melebihi dari jatah yang diberikan.

Bagaimana dengan Putri?

Putri juga membeli es blender sepuluh ribu. Kemudian naik kereta mini tiketnya sepuluh ribu. Lalu ikut main di istana balon bareng Yoga, sepuluh ribu. Totalnya pun sama tiga puluh ribu. Berarti sama dengan Yoga, melebihi jatah yang diberikan.

Hmmmm pelajaran berharga untuk kami orang tuanya. Masih perlu berlatih lagi untuk mengelola keuangan.


#Hari6
#Tantangan10Hari
#GameLevel8
#KuliahBunSayIIP
#RezekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas