MEMBACA LEBIH DALAM


Menyusuri game level #7 ini sungguh semakin seru. Kita sebagai orang tua mesti membaca perkembangan anak dari berbagai sisi. Ranah intrapersonal, ranah interpersonal, ranah change factor dan ranah spiritual. Keempat  ranah ini menjadi poin penting kita sebagai orang tua untuk mengamati perkembangan yang telah dilalui anak-anak.

Saat kami menjalani game ini, perencanaan kegiatan pun dibedah berdasarkan empat ranah tersebut. Ranah intrapersonal, bagaimana kami mengamati proses anak-anak mengenal dirinya. Kami menemani anak-anak untuk menelusuri siapa dirinya, apa kesukaannya, seperti apa kekuatan mereka. Hal ini menurut kami sebagai langkah awal proses mengenal diri mereka masing-masing. Keunikan yang ada pada diri mereka, mesti diketahui dan dikenali supaya selanjutnya bisa dioptimalkan menjadi kekuatan produktif.

Ranah interpersonal, kami mengamati proses yang dilakukan anak-anak ketika mereka berinteraksi dengan orang lain. Lawan interaksinya bisa teman sebaya, anak yang lebih kecil atau pun orang dewasa di sekitar. Berbagai macam respon yang mereka terima saat berinteraksi ini akan menambah ketrampilan sosial anak-anak. Mereka akan semakin kaya pergaulan dan trampil merespon berbagai model orang yang ditemuinya. Ketrampilan sosial ini sangat diperlukan saat mereka nanti bergulat dalam kehidupan dewasanya.




Ketiga, masuk ke ranah change factor. Ranah dimana anak-anak bertemu dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Teknologi canggih yang terus update setiap saat. Perubahan cara pandang, gaya hidup yang sangat mempengaruhi aktivitas dalam proses kehidupan. Ranah ini jika sudah sampai pada titiknya, maka anak-anak akan menjadi pihak yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Anak-anak mampu memimpin dengan kekuatannya sehingga perubahan yang ia lakukan mampu memberikan manfaat luas di masyarakat.

Ranah berikutnya yakni spiritual. Ketika tiga ranah sebelumnya sudah dijalani dengan baik, maka ujung dari semuanya adalah peningkatan makna atas keberadaan diri yang ditugaskan menjadi pemimpin terbaik di dunia ini. Semua proses yang telah dilalui dan terus akan berjalan, semata-mata karena ada Yang Maha Kuasa mengaturnya. Ketika sisi spiritual sudah masuk dalam diri anak-anak, maka segala hal yang mereka lakukan adalah aktivitas penuh kebaikan dan memberikan manfaat seluas-luasnya. Di level ini, anak-anak sudah tidak pusing dengan penilaian manusia, karena tekad yang mendasari gerak lakunya adalah ridlo Allah SWT.

Keempat ranah ini, masih terus menjadi proses yang berkelanjutan dalam keluarga kami. Saat ini anak-anak masuk di tahap pra aqil baligh, perjuangan di empat ranah ini masih cukup panjang. Kami bersyukur sekali, mendapatkan pemahaman empat ranah ini ketika usia anak-anak belum masuk area dewasa, sehingga kami mendapatkan kesempatan untuk menemani proses-proses emas dalam kehidupan mereka dengan bekal ilmu yang insyaAllah akan terus bertambah.


#AliranRasa
#GameLevel7
#KuliahBunSayIIP
#BintangKeluarga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas