HARAPAN YANG MEWUJUD


Bahagia
Satu kata yang bisa terungkapkan setelah menemani proses berjalannya materi 11 Bunda Sayang. Materi yang membahas tentang Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak ini, menjadi bahasan seru dengan metode belajar kelompok. Sudah lama sekali ya tidak menikmati proses belajar kelompok. Nah, teman-teman di kelas Bunda Sayang, menjalankan kembali belajar kelompok ini secara online.

Bagaimana teknisnya?

Setiap kelas, dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Kelompok kecil yang telah ada kemudian membahas poin-poin yang diberikan berkaitan dengan tema Fitrah Seksualitas. Keseruan diskusi dalam kelompok kecil ini, kemudian dipresentasikan dalam kelas, sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Satu per satu tiap kelompok memaparkan hasil pemikiran mereka dengan apik. Lebih seru lagi, setiap kelompok selesai presentasi dan diskusi di kelas, maka akan hadir berbagai macam media edukasi hasil karya mereka. Media edukasi ini banyak variasinya. Mulai dari brosur, video, lagu dan berbagai hasil karya dengan aplikasi kekinian. Semua media yang dihasilkan, semakin menambah wawasan kami.

Metode ini, berpengaruh sangat kuat di kelas Bunda Sayang yang kami ampu. Teman-teman sangat antusias dan merespon dengan penuh semangat. Ketika pembagian kelompok telah selesai, mereka pun langsung janjian untuk berdiskusi dengan partner kelompoknya masing-masing. Saat agenda presentasi dimulai, dari hari pertama hingga jadwal terakhir, kami tidak pernah mengingatkan. Kelompok yang telah mendapatkan jadwalnya, langsung secara otomatis dan mandiri, mengatur waktu presentasi dan diskusi di kelas. Inisiatif sepenuhnya muncul dari teman-teman. Fasilitator benar-benar hanya mengikuti alur yang telah mereka siapkan. Ini sungguh membahagiakan.

Harapan kami yang mewujud di materi 11 ini. Di materi sebelumnya, tingkat respon tidak terlalu tinggi di dalam kelas. Fasilitator mencoba memancing beberapa kali, namun tanggapan tetap minim. Cara belajar kelompok di materi 11 inilah yang memberikan dampak cukup besar di dalam kelas. Teman-teman langsung bisa memunculkan idenya dan mengatur waktu dengan cukup baik.

Berikut adalah beberapa aliran rasa yang diungkapkan oleh teman-teman Kelas Bunda Sayang SSJP berkaitan dengan serunya cara belajar kelompok di materi 11 :

Aneke Putri Yulie :
Berbeda banget rasanya.  .
Jadi lebih paham, terpacu mengerjakan, terpacu diskusi..
Fasil juga sangt sabar dan memanduπŸ‘πŸ‘πŸ‘
Jadi semakin rekat seperti keluarga di grup ini. Insyallh berkah... Bermanfaat aminnnn

Indah :
Setuju bgt ma mbk aneke...
Materi 11 ini tantangan tersendiri krn disini kita mengerjakannya dg berkelompok...dengan menggunakan media edukasi yg berbeda2...
pokok e keren...πŸ‘πŸ˜
Ga sabar pgn segera slsai kuliah bunsayiip ini dan wisuda biar bs meet up secara langsung😘😘

Annisa Farah :
Byk ilmu baru terutama dlm membuat media edukasi..😍




#JurnalFasilitator
#Materi11
#KuliahBunSayIIP


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas