OBROLAN KREATIVITAS


Obrolan keluarga di satu malam.

“Kreativitas itu apa ya mas?”, tanya saya ke Yoga yang sedang memegang semangka.

“Kreatif, membuat sesuatu yang baru, dengan tenang”, jawab Yoga sembari menyendok semangka menggunakan cetakan cocktail.

Siiip.

“Kalau Putri bagaimana, kreativitas itu seperti apa?”, gantian saya bertanya ke Putri.

“Kereeen, manteeeb”, ucap Putri dengan mimik muka bahagia dan mengacungkan jempolnya.

Wooow.

Saya pun larut bahagia mendengar jawaban-jawaban mereka.




Di sesi diskusi online pada hari Selasa (31/10/2017) bersama teman-teman Kelas Bunda Sayang SSJP, jawaban-jawaban pun muncul terkait kreativitas ini.

Nisa Yustisia IIP Salatiga: Kemampuan seseorang untuk memunculkan ide. Hehe.

Rini Utami IIP Pekalongan: Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yg baru dan merupakan hasil kombinasi dari beberapa data atau informasi yg diperoleh sebelumnya, terwujud dlm suatu gagasan atau karya nyata yg membutuhkan proses dan dorongan dari diri sendiri maupun lingkungan dimana individu satu kelompok tersebut tinggal (saya dapatkan dari buku Utami Munandar, pengembangan kreativitas anak berbakat)

Ketika diskusi ini berjalan, teman-teman pun diajak untuk aktif berperan serta dengan metode diskusi yang berbeda. Di materi-materi sebelumnya, fasilitator menyuguhkan materi berbentuk tulisan penuh. Masuk ke materi kreativitas ini, fasilitator menyajikannya dalam bentuk lain, berupa slide/ foto yang isinya lebih ke inti materi. Slide pun dilengkapi dengan beberapa foto tebak gambar yang memacu adrenalin pembaca untuk mencari jawabannya.

Metode diskusi ini membuat teman-teman peserta  tergelitik untuk merespon. Di awal diskusi, masih banyak yang berpikir dan belum mengungkapkan pendapatnya di chat WAG kelas. Namun, beberapa menit kemudian, ide-ide pun ramai bermunculan dan mewarnai kelas. Hingga di akhir sesi diskusi, teman-teman mengalirkan rasa bahagia dengan metode diskusi yang berbeda ini.

Adisty Ayuningtyas IIP Semarang: Seru mbak, dibikin mikir, meskipun belum canggih, tapi otaknya jadi 'dipaksa' bekerja 😁

Rini Utami IIP Pekalongan: Problem based learning mb Dyah, bikin mikir menemukan solusi

Aliran rasa bahagia pun terungkapkan oleh teman-teman peserta di Kelas Bunda Sayang Koordinator pada hari Senin (30/10/2017).

Savira Mega Putri. Tangerang: Terima kasih Ibuu @⁨Ibu Septi Peni Wulandani⁩ diskusi malam ini seruuuuu 😍

Rifa Iip Bekasi: Materinya dahsyat metode diskusinya kereeen...😍
makasih bu

Mz Yuli Padang: Terimakasih kasih bu... Diskusi malam ini keren.... Dan mz yuli jd bahagia banget 😍😍




Di WAG Kelas Fasilitator Bunda Sayang IIP, diskusi langsung dipandu oleh Ibu Septi Peni Wulandani pada hari Minggu (29/10/2017). Kelas ramai dengan respon teman-teman fasilitator yang mengikuti diskusi dari awal hingga akhir. Metode yang berbeda ini sebagai bentuk perwujudan dari tema yang dibahas yaitu ‘kreativitas’. Jadi, fasilitator diajak praktek langsung untuk memahami materi. Fasilitator diajak untuk keluar dari kotak pemikiran yang selama ini telah terbentuk. Diajak untuk memunculkan ide-ide cemerlang hasil pemikiran mereka. Metode ini membuat fasilitator fresh kembali menjalani proses learning by teaching selama Kelas Bunda Sayang berlangsung.

Rasa bahagia pun menyeruak dalam diri para fasilitator ketika berdiskusi online ini.

Diah Soehadi: Maturnuwun bu
Kelas siang ini menarik sekali πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌπŸ‘

Noor Yasmin Ishmah2: Matur nuwun ibuu,suka sama kelas siang inii😍😍

Terimakasih ilmunya buu😘😘

Dian Annuriah IIP Jkt: Terima kasih ibu..ini kelas dgn materi dan cara diskusi paling asyik bu☺




Satu malam berikutnya, saya ngobrol dengan Pak Reswit (suami) masih terkait kreativitas. Hal-hal yang bisa menumbuhkan kreativitas dalam diri seseorang. Banyak mendengar; banyak melihat; banyak merasa; banyak bermain dan bahagia. Ini poin yang kami peroleh sebagai amunisi untuk menyuburkan kreativitas dalam diri.



πŸ“š Sumber inspirasi:

Diskusi kreativitas Kelas Bunda Sayang SSJP IIP, 2017

Diskusi tentang kreativitas di keluarga Baskom team, 2017

Materi 9 Kreativitas, Kelas Bunda Sayang IIP,  Septi Peni Wulandani, 2017

Diskusi kreativitas Kelas Fasilitator Nasional Bunda Sayang IIP, 2017

Diskusi kreativitas Kelas Bunda Sayang Koordinator IIP, 2017


#KelasBundaSayang
#InstitutIbuProfesional
#ThinkCreative

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas