ULAT HAI ULAT


Kemarin adalah hari seru buat kami. Ikut Playdate Pengurus IIP Jakarta. Temanya adalah I am the Very Hungry Caterpilar. Menceritakan tentang proses dari telur, menjadi ulat lalu berubah bentuk menjadi kepompong dan terbentuklah kupu-kupu yang cantik.

Aktivitas playdate secara keseluruhan, mampu menyuguhkan tawa setiap anak-anak. Tim yang menyajikan playdate pun membuat properti yang menarik perhatian semua anak. Ada keranjang yang dibentuk menjadi kepala ulat. Lalu saat lapar dan mereka butuh makan, ada banyak bola kecil warna warni yang siap dilemparkan anak-anak, menjadi perumpamaan makanan mereka.

Ulat sedang makan

Ada topi yang dibentuk menyerupai kepala ulat. Perumpamaan bahwa semua anak adalah ulat-ulat kecil. Jadi mereka semua mendapatkan topi dan memakainya saat mengikuti playdate. Lucu sekali saat semua anak memakai topi ini. Tak terkecuali, kakak-kakak tim pun memakai topi ulat ini.


Topi ulat

Kemudian ada dongeng juga tentang proses terjadinya ulat dan kupu-kupu ini. Satu kakak menceritakan proses terjadinya mulai dari telur, ulat, kepompong dan kupu-kupu. Anak-anak begitu khusyuk mendengarkan dongeng ini. Mereka sangat antusias dengan cerita yang dibawakan.


Mendengarkan dongeng


Selanjutnya, anak-anak pun diajak untuk menggantungkan kepompong di ranting-ranting pohon. Ranting pohon yang dibuat dari kertas dan dihias dengan bunga kertas juga yang berwarna-warni. Kepompongnya dibuat dari kain flanel yang  digulung lalu diberi tali supaya bisa digantung di ranting pohon. Anak-anak suka sekali melakukan aktivitas ini.


Kepompong di ranting pohon


Selanjutnya, anak-anak diajak membuat kreasi dari proses yang telah diceritakan sebelumnya. Tiap anak diberi satu piring plastik yang sudah diberi garis dan terdapat empat ruang. Di situ tertulis telur, ulat, kepompong dan kupu-kupu. Anak-anak diajak untuk menempelkan properti kecil-kecil yang sudah dipersiapkan oleh kakak-kakak tim. Properti kecil-kecil ini menyerupai telur, ulat, kepompong dan kupu-kupu.


Kreasi anak-anak

Selain aktivitas yang sudah dilakukan, kakak tim juga menyediakan photoboth yang bisa digunakan anak-anak untuk mengabadikan momen ini. Sebelumnya juga, anak-anak diajak untuk melakukan olah raga ringan, supaya semakin semangat mengikuti aktivitas playdate. Kakak-kakak pun mengajak bernyanyi bersama hingga suasana playdate semakin seru. Anak-anak pun bahagia mengikuti keseluruhan playdate dari awal hingga akhir.


Foto yuuk...


Olah raga supaya sehat


Ide playdate ini digarap oleh tim Kunang Kunang Kuning yakni tim inti KC (kidscorner) IIP Jakarta. Playdate ini konsep perdana yang dilaunching oleh teman-teman. Sebelumnya, mereka adalah tim kegiatan kidscorner di acara wisuda MIIP 4 IIP Jakarta. Karena ada kebutuhan pengurus untuk menemani aktivitas anak-anak di setiap kegiatan offline, maka tim kidscorner ini pun tidak dibubarkan. Tim kidscorner ini berlanjut dan saat ini menjadi teamwork bersama Manajer Offline.


#Hari12
#Tantangan10Hari
#GameLevel9
#KuliahBunSayIIP
#ThinkCreative

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas